Yuk Kelola Keuangan dengan BIJAK!

091285500_1422451647-uang“Mbak ngutang dulu yah! tanggal muda gue lunasin deh”

Kalimat tersebut mengawali pembahasan kita. Banyak orang yang sudah bekerja dan berpenghasilan kehabisan uang sebelum gaji bulan depan yang mengakibatkan gaji pada bulan depan hanya untuk membayar utang pada bulan lalu.

Sebagai seorang mahasiswa yang merantau jauh dari orang tua, yang kebutuhan hidup semakin hari semakin mahal serta pemasukan hanya mengharapkan dari kiriman orangtua maka itu semua tidak cukup kita perlu mempunyai strategi kelola keuangan dengan bijak agar apabila uang kiriman dari orangtua terlambat maka kita bisa menanggulanginya atau mungkin kita bisa mengubahnya menjadi sebaliknya kitalah yang mengirim uang pada orang tua.

Saya ada beberapa cara untuk kelola keuangan dengan bijak

1. Punya Tujuan

Seperti disuruh berlari dikota Padang tanpa diketahui tujuannya maka kita akan terus berlari tanpa berhenti hingga rasa lelah yang memaksa kita beristirahat tetapi kita tidak mendapatkan apa-apa selain rasa lelah dan bingung.

Begitu pula halnya dengan memiliki uang dan tidak punya tujuan maka uang itu akan mudah habis. Untuk itu tetapkan tujuan atau mimpi-mimpimu seperti tahun 2016 saya harus sudah punya mobil agar keluarga saya bisa datang pada acara wisuda saya dan lainnya.

2. Pahami Kebutuhan

Agar uang yang kita punya lebih banyak mamfaatnya jelas pengeluarannya maka kita harus lebih mengenal yang mana kebutuhan dan yang mana keinginan, kita harus lebih mendahulukan kebutuhan karena kebutuhan itu sangat penting untuk dipenuhi misal beras merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi berbeda dengan keinginan contohnya ingin makan ayam goreng di KFC.

3. Menabung

Jangan berpendapat menabung jika uang saya berlebih, tetapi jadikanlah menabung adalah kebutuhan yang harus kamu penuhi untuk memperoleh mimpi-mimpimu yang telah kita bahas pada poin 1 diatas. Pada pembahasan menabung ini buatlah tabungan menjadi 2 kategori, yaitu tabungan mendadak dan tabungan jangka panjang.

Jika yang dialokasikan untuk menabung adalah 30% dari pemasukan kita maka 5% adalah tabungan mendadak dan 25% adalah tabungan jangka panjang. Kegunaan tabungan mendadak tersebut untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang mendadak apabila uang tidak ada lagi karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi besok.

4.  Lakukan Pencatatan dan Evauasi keuangan

Setiap uang keluar dan uang masuk harus kita catat agar kita bisa mengevaluasi apa saja yang harus diperbaiki untuk kedepannya, misal pada minggu ini kita belanja beberapa barang yang tidak penting misalnya beli topi padahal topi yang lama masih bisa dipakai, dengan pencatatan tersebut maka kita bisa sadar akan kesalahan managemen keuangan kita dan tidak akan boros lagi pada minggu berikutnya.

5. Mecari produk termurah dan melakukan riset sebelum membeli produk

Untuk membeli produk anda harus pintar pintar, carilah produk yang lebih murah dengan kualitas yang lebih baik atau minimal sama. Untuk menghindari pedagang yang menaikkan harga dengan tidak wajar, anda harus melakukan riset barang sebelum membelinya, seperti bertanya pada teman, serching harga di internet. Dengan begitu maka anda akan menjadi pembeli cerdas.

6. Mencari pendapatan atau peluang dan membangun aset

Untuk mengakali uang anda maka anda harus lebih cerdas mencari peluang, misal saat ada acara wisuda maka cobalah berjualan bunga, minuman, lainnya yang sesuai dengan momen saat itu.

Jika anda sudah mempunyai sedikit modal cobalah buka sebuah usaha untuk aset anda misalnya jualan Es atau Roti Sandwitch. Misal dengan jualan Es dan Sandwitch tadi pendapatan anda perhari adalah Rp.300.000,00,- dikali dengan 30 hari sebulan maka beberapa bulan anda akan bisa membuka cabang lagi dan jika anda sudah memiliki 10 cabang maka 300 ribu dikali 10 lalu dikali dengan 30 hari maka semua impian anda akan lebih mudah dicapai.

7. Do’a dan kelola otak anda

Perbanyak ibadah dan do’a untuk mendekatkan diri dan memperoleh ridho sang pencipta. Contoh mengelola otak saat berdo’a agar lebih tegar Ya Allah, ridhoi dan kuatkanku untuk meraih semua nikmat-Mu.

Itulah cara kelola keuangan dari saya semoga kita semua bisa kelola keuangan dengan bijak dan selalu menjadi pemenang karena sesungguhnya kita terlahir sebagai pemenang.

N/B : Sumber Gambar di proleh dari health.liputan6.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s